ARTIKEL KEGIATAN

Duta Besar Belarus Bahas Kerja Sama Ekonomi Bareng Gubernur Sulsel

Duta Besar Belarus untuk Indonesia, H.E Vladimir Lopato Zagorsky, menemui Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Kamis (23/2/2017).

Vladimir Lopato bertemu SYL untuk membicarakan beberapa peluang kerja sama antara Belarus dan Sulsel.

Ia mengatakan poin kedatangannya adalah untuk melihat lebih jauh kemungkinan kerja sama yang lebih aktif antara Sulsel dan Belarus dalam berbagai bidang.

"Ini sangat menyenangkan bagi saya untuk datang ke Sulsel. Kemarin saya di Universitas Hasanuddin berbicara dan membuka peluang pertukaran pelajar antara Belarus dan Sulsel. Hari ini kami berbicara mengenai kerja sama pengembangan ekonomi antara Belarus dan Sulsel," ungkap dia.

Vladimir mengatakan, pihaknya menemukan bahwa Belarus memiliki pasar perikanan yang besar bagus untuk dikembangkan dari Sulawesi.

"Saat ini memang sudah ada beberapa produk perikanan yang sudah ada di Belarus, dan kami yakin ini bisa terus dikembangkan," dia melanjutkan.

Vladimir dan SYL juga bicara tentang kemungkinan kerja sama di bidang pertambangan, salah satu poinnya yaitu suplai truk tambang untuk perusahaan pertambangan PT Vale di Sulsel.

"Kami bicara dengan perusahaan tambang PT Vale Indonesia untuk mensuplai truk tambang ke Vale Indonesia. Tahun lalu kami sudah mensuplai truk ke Sumatera Selatan sejumlah 40 unit, dan kami harap PT Vale di Sorowako juga bisa menjadi tujuan market kami," jelas dia.

Tak hanya truk, Belarus juga saat ini tengah membuat lima buah pesawat Sukhoi pesanan Indonesia yang nantinya akan diterbangkan ke Indonesia dan ditempatkan di Makassar.

"Kami membuat lima buah Sukhoi di Belarus yang nantinya akan diterbangkan ke sini. Kami yakin banyak kemungkinan kerjasama yang bisa tercipta," terang dia.

 

Sumber : TRIBUNNEWS

Search

Quick Links

Downloads Update